Solusi Kesenjangan Si Miskin dan Si Kaya

Kesenjangan sosial merupakan salah satu masalah terbesar kemanusiaan. Tanpa adanya tuntunan yang benar tatanan kehidupan akan miring, yang kaya akan semakin kaya dan yang miskin akan semakin miskin. Masyarakat kalangan atas yang ditakdirkan oleh Allah memiliki modal dan sumber daya melimpah, lebih mampu melipatgandakan pendapatannya, memenuhi segala kebutuhan dan keinginannya. Sedangkan yang berada pada kalangan menengah ke bawah tentu tidak mudah untuk menambah pendapatan, memenuhi kebutuhan atau menggapai keinginan sebagaimana golongan kaya.

Semakin lebar jarak si miskin dan si kaya pada masyarakat, semakin tinggi pula tingkat kriminalitas dan penyimpangan moral, karena itulah efek ini disebut “kecemburuan sosial”. Karena pada dasarnya manusia memiliki hawa nafsu untuk selalu memiliki dan cenderung mengambil keuntungan dari yang lain. Tanpa diperintah-pun, secara naluri manusia akan tetap mencari harta untuk keberlangsungan hidupnya (survive).

Tanpa aturan Islam, kecondongan untuk memiliki itu akan mengarah kepada yang tidak halal, kesenjangan semakin lebar, kecemburuan semakin menjadi, hingga berpotensi menjadi kedzoliman baik dari golongan kaya maupun golongan yang kurang mampu. Jika kecemburuan sosial semakin memanas, maka permasalahan sosial yang ada di masyarakat akan semakin banyak pula, mulai dari kesehatan, pendidikan, terutama kriminalitas dan kemaksiatan, seperti pembegalan, perampokan, pencurian, dan lain sebagainya pada kalangan menengah ke bawah. Atau korupsi, kolusi, nepotisme, rasuah dan semisalnya bagi kalangan atas yang masih belum qonaah dengan apa yang telah mereka dimiliki. Hal ini dilakukan karena adanya sebab yang jelas, yaitu belum mampu memenuhi sesuatu yang mereka idamkan, atau belum mampu memiliki apa yang dimiliki oleh kalangan atasnya, dan akhirnya terpaksa mengambil jalan pintas.

Keadilan merupakan jiwa Syariat Islam, termasuk keadilan sosial dan ekonomi. Maka dari itu Islam selalu memberi solusi, karena memang agama Islam diturunkan oleh Allah subhanahu wata’ala melalui Rasulnya shallallahu ‘alaihi wasallam untuk kemaslahatan, kesejahteraan, dan kemakmuran seluruh manusia itu sendiri, bahkan turun sebagai rahmat bagi seluruh alam. Sehingga banyak sekali Syariat yang menjadi sarana memperkecil jarak antara si kaya dan si miskin, yaitu:

  • 1. Zakat.

Zakat merupakan rukun Islam ketiga. Zakat ialah harta untuk diberikan kepada golongan yang berhak menerimanya, dengan menyisihkan sekian persen dari pemilik harta setelah memenuhi syarat-syarat yang ditentukan, seperti: Harta perdagangan, perkebunan, pertanian, peternakan, emas & perak, atau uang. Kemudian harta ini disalurkan kepada 8 golongan yang disebutkan di dalam ayat Al-Qur’anul Karim,

إِنَّمَا الصَّدَقَاتُ لِلْفُقَرَاءِ وَالْمَسَاكِينِ وَالْعَامِلِينَ عَلَيْهَا وَالْمُؤَلَّفَةِ قُلُوبُهُمْ وَفِي الرِّقَابِ وَالْغَارِمِينَ وَفِي سَبِيلِ اللَّهِ وَابْنِ السَّبِيلِ فَرِيضَةً مِنَ اللَّهِ وَاللَّهُ عَلِيمٌ حَكِيمٌ

“Sesungguhnya zakat-zakat itu, hanyalah untuk orang-orang fakir, orang-orang miskin, pengurus-pengurus zakat, mu’alaf yang diharapkan (lembut) hatinya, (memerdekakan) budak, orang-orang yang berhutang, untuk (pejuang di) jalan Allah dan untuk mereka yang sedang dalam perjalanan (jauh), sebagai suatu ketetapan yang diwajibkan Allah, dan Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana” (QS. At-taubah: 60)

Zakat dengan sifat ini telah menjadi undang-undang perekonomian dan keuangan sekaligus sosial bagi masyarakat. Zakat mampu memberi dampak besar dalam pemerataan pendapatan antar golongan sosial. Zakat mampu memenuhi kebutuhan masyarakat yang memang betul membutuhkan bantuan, dengan itu zakat akan mempererat kerukunan antar golongan sosial, karena yang kaya akan membantu yang kosong harta, yang kuat akan menolong yang lemah.

Zakat memperpendek jarak antara si faqir dan si kaya, menghilangkan rasa hasad dan kebencian antara mereka yang mampu dan tidak mampu, mendorong mereka yang bekerja untuk kemaslahatan umum, serta mengurangi beban orang-orang yang pada pundaknya tanggungan dan kesulitan. Sehingga zakat memberikan sumbangsih positif dalam kehidupan bermasyarakat dengan menghilangkan masalah-masalah kesenjangan sosial, dengan itu pula mengurangi kecemburuan sosial.

  • 2. Wakaf.

Wakaf ialah salah satu jenis sedekah sukarela yang dilakukan oleh seseorang atas kehendaknya sendiri. Sebagian harta yang disebut wakaf ini disalurkan untuk kepentingan kebaikan, kebajikan dan kemaslahatan masyarakat banyak. Sedangkan yang menjadikan wakaf berbeda dengan sedekah lain ialah sifatnya yang tetap dan berkelanjutan.

Wakaf menjadi salah satu sarana amal yang patut dibanggakan oleh umat Islam, karena dari peradaban Islam-lah wakaf berkembang, bukan peradaban lainnya. Amal sukarela ini telah dijalankan semenjak jaman Rasulullah shallalahu ‘alaihi wasallam, dan terus berkembang meluas pada masa-masa setelahnya. Wakaf mampu menutupi segala kebutuhan pokok manusia, manfaatnya tidak terbatas untuk sebagian golongan saja, bahkan manfaat wakaf bisa sampai kepada non-manusia seperti binatang melata, burung dsb. hal ini merupakan prestasi yang belum pernah diraih oleh peradaban lain baik peradaban kuno maupun modern.

Jika kita tilik lagi sejarah wakaf, maka akan tampak jelas bahwa kondisi negara-negara dan bangsa-bangsa memiliki hubungan erat dengan wakaf, baik tentang kebangkitan, kemajuan, kekuatan atau justru keruntuhan, kemunduran dan kelemahan sebuah peradaban. Betapa banyak umat yang hidup dengan tenang dan tentram di bawah naungan wakaf. Karena itulah kebebasan berwakaf dianggap sebagai sebab terpenting akan “abadinya” kepemilikan harta kaum muslimin di seluruh dunia Islam, sepanjang masa.

Wakaf memberikan sumbangsih positif pada segala sektor kehidupan: sektor agama, sosial, ekonomi, pengetahuan dan kemanusiaan. Kegiatan ini mampu menutupi segala permasalahan kehidupan manusia. Wakaf bisa meliputi pendirian masjid beserta segala sarana pendukung di sekitarnya, dakwah dan jihad di jalan Allah, universitas, pondok pesantren, sekolah, perpustakaan, yayasan sosial seperti panti asuhan, panti jompo dan panti kaum lemah lainnya, yayasan kesehatan, rumah sakit, hotel, kantor imigrasi, bank, yayasan bantuan pembayaran hutang, yayasan bantuan dana menikah, penyediaan sarana restorasi bencana, transportasi, asuransi, dan lain sebagainya. Dengan segala kebaikan yang menyeluruh inilah wakaf mampu memberikan dampak positif bagi seluruh problematika kehidupan manusia.

  • 3. Pembagian Warisan.

Pembagian warisan dalam Islam diatur secara khusus dalam cabang ilmu waris (faroidh), yaitu cara pembagian warisan yang tidak diridhoi oleh Allah subhanahu wata’alan kecuali dengan cara ini, cara yang ditetapkan oleh diriNya sendiri di dalam Al-Qur’an. Islam dengan ilmu faroidh memberikan solusi adil dan sempurna untuk pembagian harga peninggalan sang mayit, di sisi lain ilmu faroidh juga mengokohkan tali kasih sayang dan cinta dalam sebuah keluarga.

Ilmu waris yang bersumber dari Al-Qur’an ini memberikan pemahaman kepada kaum muslimin, bahwa harta bukanlah tujuan melainkan sarana kebajikan. Syariat memberikan keputusan jelas pada seluruh harta peninggalan sang mayit, lalu membagikannya kepada pihak-pihak yang memang telah diperhitungkan secara terperinci. Pembagian yang diperhitungkan secara detail inilah yang menghilangkan rasa iri dan dengki pada jiwa sesama keluarga, serta memahamkan kepada kita bahwa materi ialah alat pembantu berkehidupan sosial. Di sisi lain, ilmu waris tidak mengkhususkan harta warisan untuk satu pihak saja sebagaimana yang terdapat pada peraturan ekonomi lain, maka dengan inilah tampak jelas di manakah terletak keadilan.

  • 4. Sedekah.

Sedekah ialah pemberian/infaq secara sukarela dengan maksud mengharapkan ridha Allah untuk segala macam bentuk kebaikan. Tidak ada baginya nishob, batasan minimal, atau batasan maksimal. Al-Qur’an dan As-Sunnah sering menekankan keutamaan bersedekah. Dari sisi sosial masyarakat, sedekah memiliki pengaruh yang besar, karena amalan ini meniupkan rasa saling tolong menolong pada jiwa, mempererat hubungan antar individu, menghilangkan rasa iri dan hasad. Sedekah termasuk aturan agama yang paling dasar untuk kehidupan bersama, sedekah akan memberikan efek positif dan kemaslahatan dalam kehidupan sehari-hari baik bagi individu maupun masyarakat secara umum.

Sedekah juga memiliki andil dalam memberikan ketentraman dan keamanan, memerangi kesenjangan antar golongan sosial, memenuhi kebutuhan dasar bagi yang membutuhkan, serta menghabisi sebab terbesar kriminalitas, yaitu kefaqiran dan kemiskinan. Sedekah juga memiliki peran penting menggerakkan roda ekonomi, melawan pengangguran, membuka pintu-pintu rejeki, menyucikan jiwa baik yang mengeluarkan ataupun yang menerimanya, serta memastikan pertumbuhan ekonomi individu dan masyarakat secara tidak langsung.

  • 5. Pengharaman Riba.

Riba termasuk penyakit sosial yang paling mengerikan. Karena riba menuntun masyarakat menjadi dua kelompok utama: kelompok dalam kemewahan yang mendzolimi dan kelompok membutuhkan yang terdzolimi. Karena riba, satu kelompok akan semakin kaya tanpa mengerjakan apa-apa, sedangkan satu lagi akan terus tenggelam dengan sendirinya. Dengan demikian riba memicu timbulnya hasad, kebencian dan disintegrasi dalam masyarakat. Dengan praktik riba, roda perekonomian hanya akan semakin mengalir dari bawah ke atas, dan lambat laun kesenjangan sosial akan semakin melebar.

Karena riba, satu kelompok akan semakin kaya tanpa mengerjakan apa-apa, sedangkan satu lagi akan terus tenggelam dengan sendirinya.

Karena itulah pengharaman riba merupakan sarana penting untuk melawan kesenjangan sosial, menjaga kehidupan bermasyarakat yang kondusif, memutar roda perekonomian masyarakat, dan melindunginya dari berbagai masalah ekonomi yang pelik. [1]

  • 6. Motivasi Bekerja.

Solusi mengurangi kesenjangan sosial tentu tidak hanya dilakukan oleh kalangan atas (kaya) saja, akan tetapi kalangan menengah ke bawah juga harus tetap bekerja mencari rejeki halal dan memenuhi kebutuhan, bukan hanya berpangku tangan mengharapkan pemberian dari para dermawan. Betapa banyak ayat Al-Qur’an dan hadits yang memotivasi seorang muslim untuk bekerja mencari nafkah dengan cara yang halal, diantaranya firman Allah subhanahu wa ta’ala,

فَإِذَا قُضِيَتِ الصَّلَاةُ فَانْتَشِرُوا فِي الْأَرْضِ وَابْتَغُوا مِنْ فَضْلِ اللَّهِ وَاذْكُرُوا اللَّهَ كَثِيرًا لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ

“Apabila telah ditunaikan shalat, maka bertebaranlah kamu di muka bumi (untuk mencari rezki dan usaha yang halal) dan carilah karunia Allah, dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung” (QS al-Jumu’ah:10).

Dan sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam,

إِنَّ أَطْيَبَ مَا أَكَلَ الرَّجُلُ مِنْ كَسْبِهِ

“Sungguh sebaik-baik rizki yang dimakan oleh seorang laki-laki adalah dari usahanya sendiri (yang halal)” (HR. An-Nasa’i no. 4452, Abu Dawud no. 3528, at-Tirmidzi no. 1358, Sohih)

Selain enam sarana memperpendek jarak antara si kaya dan si miskin pada masyarakat di atas, masih terdapat banyak sarana yang disyariatkan oleh Islam seperti: kafarat (denda atas pelanggaran larangan), nadzar, penyembelihan hewan qurban saat Idul Adha, hadiah, hibah, zakat fitri, ghanimah, dan wasiat.

Di antara sarana pemerataan pendapatan ini ada yang diwajibkan oleh Syariat, seperti: zakat fitrah, zakat harta, pembagian warisan, dan ghanimah. Ada pula yang dijadikan sunnah/mustahab oleh Syariat, seperti: wakaf, hadiah dan sedekah. Kendati demikian entah wajib ataukah sunnah, dengan menjalankan syariat Islam insyaAllah tatanan kehidupan manusia akan lebih indah.

Referensi:

[1] Poin 1-5 dari: Muhammad bin Suud Al-Ushoimy. Al-Khulasah Fil Iqtishod. Markaz Al-Minhaj Lil Isyraf Wat Tadrib At-Tarbawiy.

Disusun dan diterjemahkan di Universitas Islam Madinah, Kerajaan Arab Saudi, 6 Jumadal Ula 1441 H (1 Januari 2020 M)

Oleh: Iskandar Alukal L.c.

Artikel hukumpolitiksyariah.com

Sila ke tiga persatuan indonesia sila ke lima keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia kaya dan miskin dalam islam solusi kemiskinan solusi kriminalitas cara menghilangkan kemiskinan cara menghilangkan kecemburuan sosial kecemburuan sosial social problem masalah sosial politik islam politik syariah nkri pro rakyat

119 thoughts on “Solusi Kesenjangan Si Miskin dan Si Kaya”

  1. I believe what you posted was very reasonable. But, what about this?
    what if you composed a catchier post title? I am not saying your content isn’t good.,
    but what if you added a post title that grabbed people’s attention? I mean Solusi Kesenjangan Si Miskin dan Si Kaya
    – Hukum Politik Syariah is a little plain. You might glance at Yahoo’s home page and watch how they
    create article headlines to grab viewers to open the links.
    You might try adding a video or a picture or two to get people
    excited about what you’ve written. In my opinion, it
    might make your website a little livelier.

  2. Megawin88 adalah satu diantaranya macam perjudian slot online yang sekarang sedang sukses meng ikuti perubahan kurun yang paling kekinian untuk sekarang, di mana hal semacam itu di komplet adanya sistem tehnologi dan nilai keluasaan yang dapat didapatkan oleh seluruhnya pemain yang amat instant. Satu diantaranya type permainan slot online yang sekarang telah banyak dimainkan cuma memanfaatkan metode dari online serta saat ini jadi permainan model judi MEGAWIN88 online masuk ke grup perjudian slot online yang benar-benar kekinian sekali. Apabila hingga saat ini kamu tetap belum mengenal dengan rinci akan hadirnya dari perjudian https://crm-gazetadoparana.giusaito.dev.br/products/megawin88/ online ini, karena itu di sini kami bakal beritahu terhadap kamu dengan detail.

  3. I have been browsing online more than three hours nowadays, but I never discovered any interesting article like yours. It’s beautiful worth enough for me. In my view, if all webmasters and bloggers made just right content as you probably did, the internet will likely be much more useful than ever before.

    Have a look at my blog post; http://Politicalnumbers.com/__media__/js/netsoltrademark.php?d=Forum.Pcbcommunity.com%2Fviewtopic.php%3Ft%3D59

  4. Its like you read my mind! You appear to know so much about this, like you wrfote the book in it or something.
    I think that yoou can do with a few pics to drive the message home a little bit, but
    other than that, this is great blog. A fantastic read. I’ll
    certainly be back.

    Have a look at my page 카지노사이트

  5. Hi there! This article could not be written much better! Looking through this article reminds me of my previous roommate! He always kept preaching about this. I am going to send this article to him. Pretty sure he will have a great read. Many thanks for sharing!

  6. I’d like to thank you for the efforts you have put in penning this website. I’m hoping to view the same high-grade content by you later on as well. In truth, your creative writing abilities has encouraged me to get my own, personal site now 😉

  7. Greetings from Ohio! I’m bored at work so I decided to check out your blog on my iphone during lunch break. I love the info you present here and can’t wait to take a look when I get home. I’m surprised at how quick your blog loaded on my mobile .. I’m not even using WIFI, just 3G .. Anyhow, great blog!

  8. Hi! I know this is somewhat off-topic however I needed to ask. Does running a well-established website such as yours require a massive amount work? I am brand new to writing a blog but I do write in my journal every day. I’d like to start a blog so I can share my own experience and feelings online. Please let me know if you have any kind of suggestions or tips for new aspiring bloggers. Appreciate it!

  9. A person essentially assist to make critically articles I might state. That is the first time I frequented your website page and to this point? I amazed with the analysis you made to make this particular put up incredible. Magnificent task!

  10. I am no longer sure the place you are getting your info, but great topic. I needs to spend a while finding out more or working out more. Thank you for great info I was in search of this info for my mission.

  11. Hello! I could have sworn I’ve been to this website before but after looking at some of the posts I realized it’s new to me. Nonetheless, I’m certainly happy I came across it and I’ll be bookmarking it and checking back frequently!

  12. Pretty section of content. I just stumbled upon your site and in accession capital to assert that I get actually enjoyed account your blog posts. Any way I will be subscribing to your augment and even I achievement you access consistently rapidly.

  13. Hi everyone, it’s my first pay a quick visit at this website, and piece of writing is genuinely fruitful designed for me, keep up posting these posts.

  14. I have been surfing on-line greater than three hours these days, but I by no means discovered any attention-grabbing article like yours. It is lovely worth sufficient for me. In my opinion, if all web owners and bloggers made good content as you probably did, the internet will probably be a lot more useful than ever before.

  15. You are so awesome! I don’t believe I’ve truly read through something like that before. So nice to discover someone with unique thoughts on this issue. Really.. many thanks for starting this up. This website is something that’s needed on the web, someone with a little originality!

  16. Hi there i am kavin, its my first time to commenting anywhere, when i read this piece of writing i thought i could also make comment due to this brilliant piece of writing.

  17. you’re in point of fact a just right webmaster. The web site loading velocity is amazing. It sort of feels that you are doing any distinctive trick. Also, The contents are masterwork. you’ve performed a magnificent activity in this matter!

  18. Do you have a spam problem on this website; I also am a blogger, and I was wondering your situation; many of us have created some nice methods and we are looking to exchange techniques with other folks, why not shoot me an e-mail if interested.

  19. Do you mind if I quote a few of your articles as long as I provide credit and sources back to your site? My website is in the very same area of interest as yours and my users would certainly benefit from a lot of the information you present here. Please let me know if this ok with you. Thanks a lot!

  20. After going over a number of the articles on your web site, I really like your way of writing a blog. I saved it to my bookmark website list and will be checking back in the near future. Please visit my web site as well and tell me your opinion.

  21. Woah! I’m really digging the template/theme of this blog. It’s simple, yet effective. A lot of times it’s hard to get that “perfect balance” between superb usability and appearance. I must say you’ve done a great job with this. In addition, the blog loads very fast for me on Chrome. Superb Blog!

  22. Do you mind if I quote a few of your posts as long as I provide credit and sources back to your website? My blog site is in the exact same area of interest as yours and my users would genuinely benefit from some of the information you present here. Please let me know if this alright with you. Thanks!

  23. The other day, while I was at work, my sister stole my apple ipad and tested to see if it can survive a forty foot drop, just so she can be a youtube sensation. My apple ipad is now destroyed and she has 83 views. I know this is completely off topic but I had to share it with someone!

  24. Aw, this was a very good post. Spending some time and actual effort to make a top notch article… but what can I say… I hesitate a whole lot and don’t seem to get anything done.

  25. I’m not sure where you’re getting your information, but great topic. I needs to spend some time learning more or understanding more. Thanks for wonderful info I was looking for this information for my mission.

  26. Plus important que la résolution, vérifiez avant tout qu’elles sont équipées d’un capteur infrarouge pour filmer dans l’obscurité et que leur angle de vue est suffisamment massive.

  27. I have been exploring for a little for any high-quality articles or weblog posts on this kind of area .

    Exploring in Yahoo I finally stumbled upon this website. Studying
    this information So i’m satisfied to express that I’ve a very excellent uncanny feeling I discovered just what I needed.
    I such a lot indubitably will make sure to don?t omit this
    web site and give it a look regularly.

  28. I’m now not certain where you are getting your
    information, however good topic. I must spend some time studying much more or understanding more.
    Thank you for magnificent info I used to be searching for this info for my
    mission.

  29. Thanks for your personal marvelous posting! I really enjoyed reading it, you might be a great author.I
    will always bookmark your blog and will eventually come back
    from now on. I want to encourage continue your great posts,
    have a nice weekend!

  30. Thanks for every other informative web site.

    The place else may I am getting that kind of information written in such an ideal means?
    I’ve a mission that I’m just now operating on, and I’ve been at the
    look out for such info.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *