Arti Keadilan

Islam meletakkan banyak pondasi demi menguatkan hubungan sesama manusia, menertibkan, dan menjamin setiap individu/kelompok mendapatkan hak masing-masing sepenuhnya tanpa dikurangi sedikitpun oleh pihak manapun. Baik itu di sektor kerja maupun muamalah kehidupan sehari-hari. Islam meletakkan sejumlah nilai, norma, dan prinsip terpuji berharga mulia untuk membantu manusia menyelesaikan urusan sesama mereka, dengan tetap menjaga rasa belas kasih, sayang, dan cinta. Dari sisi inilah berangkat pemahaman kita tentang keadilan dalam agama Islam.

Keadilan tidaklah dibatasi pada masalah tertentu saja, akan tetapi menjangkau banyak pintu. Sedangkan dasar dari keadilan ini ialah keadilan rabbani yang bersumber dari Tuhan. Tanpa keadilan ini sebuah bangsa tidak akan mampu berdiri tegak dan berjaya.

Arti Etimologi Keadilan

Keadilan ialah mengambil kebijakan tengah antara dua hal, melebih-lebihkan (al-ifrath) dan bermudah-mudahan (at-tafrith). Adil antonim/lawan kata lalim dan zalim, yaitu meletakkan sesuatu bukan pada tempatnya. Adil di depan dua orang yang berseteru, ialah menengahi dan memperlakukan sama, tidak menzalimi, dan memberikan hak bagi tiap keduanya [1]. Dalam kamus Mu’jam Al-Arab: Adil ialah kebenaran yang muncul dari dalam lubuk hati, lawan dari zalim [2].

Arti Terminologi Keadilan

Adil ialah sifat yang dimiliki oleh Allah Ta’ala, Dia pun menamakan diriNya dengan Yang Maha Adil (Al-Hakim & Al-Adil) [3]. Dalam kitab Tahdzib Al-Kamal, adil ialah “meletakkan segala sesuatu pada tempatnya, waktunya, arahnya, kadarnya, tanpa melewati batasan, pengurangan, pemajuan atau pengakhiran” [4]. Keadilan dalam bersosial (al-‘adalah) ialah naluri yang membawa pemiliknya menuju keutamaan (al-fadhail), jalan lurus (al-istiqomah), moderat (at-tawasuth) antara dua hal: melebih-lebihkan (al-ifrath) dan bermudah-mudahan (at-tafrith), tanpa pilih kasih atau berpihak. Keadilan ialah tetap lurus pada jalan yang benar dengan menjauhi larangan agama [5]. Keadilan ialah memberikan kewajiban yang diembankan kepada diri sendiri dan mengambilnya (untuk dilaksanakan) [6][7], itulah arti keadilan.

Keadilan Dalam Islam

Diantara kemuliaan & kedermawanan Allah kepada manusia ialah mengatur tatacara berinteraksi & berhubungan yang baik antar sesama mereka, menyempurnakan kebajikan, akhlak, dan hukum pada setiap aspek kehidupan, menjamin kesetaraan hak dan kewajiban. Maka keadilan menjadi neraca yang mengharuskan semua manusia memenuhi kewajiban, memperoleh hak tanpa melampaui batas, berlebih-lebihan atau menggampangkan. Allah Ta’ala menjunjung tinggi nilai keadilan, menjadikan keadilan salah satu namaNya. Allah Ta’ala berfirman,

إِنَّ اللَّهَ يَأْمُرُ بِالْعَدْلِ وَالْإِحْسَانِ وَإِيتَاءِ ذِي الْقُرْبَى وَيَنْهَى عَنِ الْفَحْشَاءِ وَالْمُنْكَرِ وَالْبَغْيِ يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُونَ

“Sungguh Allah menyuruh (kalian) berlaku adil dan berbuat kebajikan, memberi kepada kaum kerabat, melarang dari perbuatan keji, kemungkaran dan permusuhan. (Dia) memberi nasehat kepada kalian agar kalian dapat mengambil pelajaran.” (QS. An-Nahl: 90)

Diriwayatkan oleh Sa’id dari Qotadah, tentang firman Allah Ta’ala إِنَّ اللَّهَ يَأْمُرُ بِالْعَدْلِ وَالْإِحْسَانِ yang artinya “Sungguh Allah menyuruh kalian berlaku adil dan berbuat kebajikan”: Dulu, setiap ada akhlak terpuji yang dijalankan oleh masyarakat jahiliyah dan mereka benarkan perbuatan itu, Allah juga membenarkannya. Setiap ada akhlak tercela yang dijalankan oleh masyarakat jahiliyah dan mereka anggap itu ialah perbuatan buruk dan ‘aib, maka Allah melarangnya, Dia Allah hanya melarang akhlak tercela dan perbuatan buruk [8]. Dalam ayat ini Allah menyuruh hambaNya berlaku adil dan berbuat kebajikan, memberi kepada kaum kerabat, melarang dari perbuatan keji, kemungkaran dan permusuhan, karena maksud ditegakkannya syariat ialah menegakkan keadilan diantara manusia [8][9].

Ciri Keadilan Islam

Diantara ciri keadilan dalam Islam ialah tidak diikutsertakan di dalamnya simpati perasaan (baper), maka untuk tegaknya keadilan, keputusan tidak boleh terpengaruh oleh harta, kebangsaan/kesukuan, nasab dan kedudukan. Karena hukum timpang yang tajam ke bawah tumpul ke atas atau sebailknya termasuk kezaliman. Telah jelas dicontohkan dalam sejarah fakta yang menunjukkan kemurnian dan kemerataannya.

Seperti kasus wanita Al-Makhzumiyah yang telah mencuri pada masa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam. Dalam Sahih Bukhari diceritakan bahwa ada seorang wanita dari kabilah bermartabat yang mencuri saat terjadinya perang Al-Fath. Kaumnya takut wanita ini mendapatkan hukuman dan meminta bantuan kepada sahabat Usamah bin Zaid supaya memintakan syafaat (keringanan) kepada Rasulullah. Maka ketika Usamah melapor, marah dan memerahlah wajah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam dan berkata, “Apa kau mengajak bicara (menawar) aku akan hudud Allah?” Usamah menjawab, “Mohonkanlah ampunan kepadaku Hai Rasul Allah”.

Kemudian saat waktu Isya’ Rasulullah berdiri berkhutbah, dimulai dengan memuji Allah dan keluarganya lalu berkata, “Amma ba’du, sungguh telah dihancurkan kaum-kaum sebelum kalian karena ketika ada orang yang bermartabat mencuri, dia ditinggalkan (hukumannya). Dan ketika ada orang lemah yang mencuri dia dihukum had. Demi zat yang Muhammad ada di tanganNya, jika saja Fatimah anak Muhammad mencuri, akan aku potong tangannya”.

Lalu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam menyuruh supaya tangan wanita itu dipotong tangannya, maka dipotonglah tangannya. Wanita ini pun baik taubatnya setelah itu dan tak lama kemudian menikah. Aisyah radhiyallahu ‘anha berkata, “Setelah kejadian itu dia (wanita dari Al-Makhzumiyah) (tetap mau) mendatangi Rasulullah menanyakan yang ia butuhkan” (HR. Bukhary no. 4303)

Diantara ciri keadilan dalam Islam: Allah mengangkat tinggi derajat orang yang adil di sisiNya, mendapatkan kehormatan di sisiNya. Dalam sebuah hadits Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

إِنَّ الْمُقْسِطِينَ عِنْدَ اللهِ عَلَى مَنَابِرَ مِنْ نُورٍ، عَنْ يَمِينِ الرَّحْمَنِ عَزَّ وَجَلَّ، وَكِلْتَا يَدَيْهِ يَمِينٌ، الَّذِينَ يَعْدِلُونَ فِي حُكْمِهِمْ وَأَهْلِيهِمْ وَمَا وَلُوا

“Sungguh orang-orang yang adil di sisi Allah akan ditempatkan di atas mimbar-mimbar dari cahaya, berada di samping kanan sang Maha Pengasih. Kedua tangannya diberkahi, yang telah berbuat adil dalam berhukum, bagi keluarganya, dan atas kedudukan (yang dia jabat)”. (HR. Muslim no. 1827)

Bagi orang-orang yang adil dalam mengambil keputusan hukum, termasuk bagi keluarga sendiri, maka Allah akan menjadikannya termasuk orang yang dekat denganNya, terhormat di sisiNya. Allah akan mengangkatnya di atas mimbar-mimbar dari cahaya karena keadilannya, yaitu sebuah tempat di surga, tempat yang tinggi dan mahal, terpuji dan khusus hanya bagi sekelompok hambaNya yang selalu berusaha berlaku adil atas tanggung jawab dan jabatan yang dimilikinya [9].

Referensi:

[1] Makna Al-Adl. Mu’jam Al-Ma’ani.

[2] Tafsir kata Adl العدل. Lisan Al-Arab.

[3] Al-Adl wal Musawat. Manaratul Islam.

[4] Al-Jahidz. Tahdzibul Akhlak. Halaman 28.

[5] ‘Ali Al-Jarjany. At-Ta’rifat. Halaman 147.

[6] ‘Ali Ibnu Hazm. Al-Akhlak Wassiyar. Halaman 81.

[7] Al-Akhlak Al-Islamiyah: Al-‘Adl. Website DR. Ahmad Kalhi: Mausu’atul Akhlak Al-Islamiyah. 18-11-2012 M.

[8] Ibnu Katsir. Tafsir Ibnu Katsir. Halaman 277.

[9] Muhammad Al-Khadr Husain. Al-Qodho’ Al-Adil Fil Islam. Addurar Assunniyah.

Diterjemahkan dan diisusun di Universitas Islam Madinah, Kerajaan Arab Saudi, Selasa, 3 Syawal 1441 H (26 Mei 2020 M)

Oleh: Iskandar Alukal L.c.

Artikel hukumpolitiksyariah.com

12 thoughts on “Arti Keadilan”

  1. I have learn a few good stuff here. Certainly price bookmarking for revisiting.
    I wonder how much effort you place to create this
    sort of magnificent informative website.

  2. I do accept as true with all of the ideas you’ve offered to your post.

    They’re very convincing and can definitely work.

    Nonetheless, the posts are too brief for beginners.
    May you please lengthen them a bit from next time? Thanks for the post.

  3. My brother recommended I would possibly like this website.
    He used to be totally right. This publish truly made my day.

    You can not believe simply how a lot time I had spent for this info!
    Thank you!

  4. I’m very pleased to find this web site. I want to to thank you for ones
    time due to this wonderful read!! I definitely really liked
    every bit of it and I have you bookmarked to check out new stuff in your blog.

  5. Pretty portion of content. I just stumbled upon your site and in accession capital to
    assert that I acquire in fact enjoyed account your weblog posts.
    Anyway I’ll be subscribing in your feeds and even I success you access persistently fast.

  6. Spot on with this write-up, I really feel this website needs a great deal more attention. I’ll
    probably be returning to see more, thanks for the information!

  7. | oi . Tenho interesse de anunciar no seu blog . como posso
    ter mais detalhes ? No aguardo | adorei o site . Já salvei no
    favorito . |Seus artigos são Ótimos . Como eu posso deixar meu email para ser notificado quando
    existirem novas matérias ?|Este é o tipo de material que deve ser compartilhado , pois realmente mudam a nossa visão .

    já estou compartilhando para meus conhecidos da área para que possam aprendam mais com seu site | é legal saber que tem pessoas que elaboram materiais para ajudar outras pessoas.
    parabéns |sou americano e vivo no Brasil há uns 10 anos .
    navegando na internet achei este site e gostei muito do o
    conteúdo. desejo a você muito sucesso |sou um leitor assíduo do site mas este
    post em especial, está show . parabéns |sempre que tenho um minuto eu venho me informar aqui no blog
    . os artigos são sempre bem didático e fácil
    de entender . até mais | Olá , Descobri seu blog através de Google ao mesmo tempo que
    procurava um assunto parecido , seu site me parece bom
    . Já bookmarquei 🙂 | Olá como vai? , onde consigo
    um email para discutir sobre divulgação em seu site |Também possuo um site
    de nicho semelhante ao seu e você me serve de fonte de inspiração
    🙂 permaneça com este maravilhoso trabalho. parabéns .|
    Olá , ótimo post. Há um problema em republicar em
    meu blog , fazendo referência ao seu blog ?| Não
    conhecia seu blog mas adorei o conteúdo. Eu preciso gastar mais tempo para aprender mais a fundo
    sobre este incrível mundo ( para mim rs ).
    Quais portais você me indica para conhecer mais o
    assunto ? https://www.ssinvestimentos.com/g1-slim-fit-funciona-anvisa-composicao-preco-comprar-reclame-aqui-saiba-tudo-2022/

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *