Kitab Dasar Hukum & Politik Syariah

Dasar dari Hukum & Politik Syariah adalah Al Qur’an dan As Sunnah (Teladan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam dan Khulafaurrasyidin radhiyallahu ‘anhum). Kendati demikian seorang muslim memerlukan arahan supaya bisa memahami dengan baik dan benar kedua pusaka suci ini. Petunjuk ulama ada yang bersumber dari lisan dan ada pula yang tertuang dalam kitab-kitab berbentuk coretan pena bersama tinta emas mereka.

Terdapat banyak sekali kitab Islami tentang Ilmu Hukum & Politik Syariah yang menjadi rujukan kaum muslimin sejak masa lampau hingga sekarang, terutama kitab para ulama Ahlussunnah Wal Jama’ah terdahulu (salaf) seperti kitab Al-Kharaaj karya Imam Abu Yusuf Al-Hanafi (w: 182 H), kitab Aqdhiyaturrasul Shallallahu ‘Alaihi Wasallam karya Imam Al-Qurtubi (w: 497 H), Ahkaam Ahli Dzimmah karya Ibnu Qoyyim Al-Jauziyyah (w: 751), dan masih banyak kitab penting lainnya.

Kendati demikian ada tujuh kitab yang disyaratkan oleh pihak Universitas Islam Madinah untuk dibaca sebagai materi ujian masuk strata Master (S2) jurusan Undang-undang dan Hukum (Al-Andzimah Waddiraasaat Al-Qadha’iyyah) selama beberapa tahun dan bisa dirubah setiap tahunnya (Dahulu bernama fakultas Hukum & Politik Syariah (Al-Qadha’ wa As-Siyasah As-Syar’iyyah)). Hal ini mengindikasikan akan keurgensian kitab-kitab ini untuk dibaca oleh para penuntut ilmu sebagai sandaran Ilmu Hukum & Politik Islam, karena untuk menyeleksi kitab-kitab yang akan diujikan diperlukan kajian dan diskusi yang mendalam dari para ahli baik dari kalangan ulama maupun cendekiawan khususnya di Kota Madinah An-Nabawiyyah. Berikut judul kitab dan pengarangnya:

  1. Al-Ahkàm As-Sulthoniyyah karya Imam Al-Màwardi (w: 450 H).
  2. As-Siyasah As-Syar’iyyah karya Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah (w: 728 H).
  3. At-Thuruq Al-Hukmiyyah karya Ibnu Qoyyim Al-Jauziyyah (w: 751 H).
  4. Tàrikh Al-Qodho’ fil Islàm karya Prof. Dr. Muhammad Az-Zuhaily.
  5. Tharaiqul Hukm karya Dr. Said Az-Zahrony.
  6. Ad-Da’wa Al-Qodhoiyyah karya Dr. Adnàn Ad-Daqilaan.
  7. Syarh Nidzom Al-Qodho’ Waddiiwan Al-Madzólim karya Dr. Abdul Qadir As-Syaikhaly.
  8. Al-Mabadi’ Al-Qodhoiyyah Fi As-Syariah Al-Islamiyah karya Dr. Husein Alu Syaikh.
  9. Al-Madkhal Ila As-Siyasah As-Syar’iyyah karya Dr. Abdul ‘Al Uthwah.

Selain tujuh kitab yang dijadikan sebagai modul untuk ujian masuk strata Master (S2) juga terdapat lima kitab wajib bagi para mahasiswa yang ingin mengikuti ujian masuk strata Doktoral (S3) jurusan Undang-undang dan Hukum Syariah Universitas Islam Madinah, yaitu:

  1. Raudhatul Qudhat Wa Thariqunnajaat karya Ibnu As-Samnani (w: 499).
  2. Al-Mughny karya Ibnu Qudamah (w: 620), bab Al-Qadha sampai Al-Bayyinaat.
  3. Adabul Qadha karya Ibnu Abiddam (w: 642 H).
  4. Tabshiratul Hukkam Fi Ushulil Aqhdhiyati Wa Manahijul Ahkam karya Ibnu Farhun (w: 799).
  5. Taushif Al Aqhdiyah karya Abdullah bin Muhammad bin Sa’ad Al-Khinnin.
  6. Nadzoriyatud Da’wa Baina As-Syariah Al-Islamiyah Wa Qanun Al-Murafa’at karya Prof. Dr. Muhammad Naim Yasin.
  7. Wasailul Itsbat Fi As-Syariah Al-Islamiyah karya Prof. Dr. Muhammad Az-Zuhaili.

Kitab-kitab yang tersebut di atas merupakan kitab Hukum & Politik Syariah pilihan dari berbagai madzhab fiqih. Seperti kitab Al-Kharraj yang pengarangnya bermadzhab Hanafi, Tabshiratul Hukkam Fi Ushulil Aqhdhiyati Wa Manahijul Ahkam pengarangnya bermadzhab Maliki, Al-Ahkàm As-Sulthoniyyah pengarangnya bermadzhab Syafi’i atau  At-Thuruq Al-Hukmiyyah yang pengarangnya bermadzhab Hanbali. Diantara kitab-kitab tersebut ada yang khusus membahas tentang Hukum Islam, Politik Syariah atau yang menggabungkan kedua seni Hukum & Politik dalam satu judul kitab. Seperti kitab Tharaiqul Hukm karya Dr. Said Az-Zahrony yang hanya membahas Hukum, kitab As-Siyasah As-Syar’iyyah karya Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah yang hanya membahas Politik Syariah, atau kitab At-Thuruq Al-Hukmiyyah karya Ibnu Qoyyim Al-Jauziyyah yang berisi keduanya yaitu Hukum dan Politik.

Universitas Islam Madinah – Kerajaan Arab Saudi
Oleh: Iskandar Alukal L.c.
Kamis, 27 Muharram 1441 H (26 September 2019)
Artikel hukumpolitiksyariah.com

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *